Seberapa Lama Tidur yang Benar – Benar Anda Butuhkan ?

 

Melanjut artikel terdahulu yang membahas tentang insomnia, penulis ingin membagi pengetahuan seputar tidur. Setelah mengetahui fakta – fakta yang berhubungan dengan insomnia, maka akan muncul pertanyaan di benak kita seberapa lama tidur yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Tidur digunakan untuk mengistirahatkan seluruh tubuh kita setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Kebutuhan tidur tiap orang berbeda – beda sesuai umur dan dipengaruhi pula oleh gaya hidup dan kesehatan tubuh. Dari faktor gaya hidup bisa anda perhatikan jadwal kerja dan stres untuk mengetahui kualitas tidur anda.

National Sleep Foundation membentuk panel yang terdiri dari 18 ilmuwan multidisiplin terkemuka mengeluarkan sebuah jurnal ilmiah tentang rekomendasi waktu tidur per hari sesuai umur. Jurnal penelitian bisa anda akses di sini.

Delapanbelas ilmuwan yang terdiri dari 6 pakar seputar tidur dan 12 pakar dari organisasi terkait melakukan kajian sistematik terhadap literatur yang dipublikasikan dari tahun 2004 – 2014. Tim yang diketuai oleh John Herman, Ph.D dari University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas dan asisten penelitian Chelsea Vaughn, PhD, and David Brown, PhD mendapatkan 2412 artikel, selanjutnya dipilih 575 artikel untuk dilakukan kajian menyeluruh. Ditemukan 312 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi yang ditetapkan oleh peneliti.

Data yang terkumpul diolah secara kuantitatif menggunakan RAND/UCLA Appropriatness Method (RAM) untuk menformulasikan rekomendasi durasi tidur sesuai umur. Rekomendasi yang dikeluarkan NSF dibagi menjadi tiga kriteria : (a) recommended; (b) may be appropriate for some individuals; or (c) not recommended, selengkapnya dapat dilihat di infografis di bawah ini :

Infografis rekomendasi durasi jam tidur dari NSF

Berikut langkah – langkah sederhana yang bisa anda coba untuk mendapat kualitas tidur yang sehat :

  • Tetap menyesuaikan jadwal tidur, bahkan pada akhir pekan.
  • Praktekan kebiasaan tidur santai.
  • Olahrga rutin tiap hari.
  • Pastikan suhu, suara, dan cahaya kamar yang ideal.
  • Tidur di kasur dan bantal yang nyaman.
  • Waspadalah terhadap pencuri tidur tersembunyi, seperti alkohol dan kafein.
  • Matikan alat elektronik sebelum tidur.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik bisa dimulai dengan menilai kebiasaan dan kebutuhan tidur anda. Lihat bagaimana tubuh menanggapi durasi yang berbeda dari tidur anda.

Komentar Anda

%d bloggers like this: