Pingsan Saat Upacara? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

ilustrasi upacara bendera
Ilustrasi upacara bendera

Menyambut kemerdekaan Indonesia, seluruh rakyat Indonesia akan melakukan upacara demi menghargai jasa para pahlawan. Namun, tak jarang, dalam kegiatan sakral ini ditemui kejadian seperti pingsan.

Agar terhindar dari kejadian ini, ada baiknya Anda mengenal faktor yang bisa jadi pemicunya. Dikutip dari berbagai sumber, ini dia beragam penyebab seseorang tidak sadarkan diri atau pingsan.

1. Kurang oksigen
Jika otak kekurangan asupan oksigen, ini akan menyebabkan masalah dalam tubuh. Salah satunya menimbulkan hipotensi atau kurang tekanan darah. Sebaiknya, hindari tempat yang terlalu pengap ketika ikut dalam upacara bendera.

2. Dehidrasi
Kurangnya cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah. Oksigen yang masuk ke dalam otak juga akan menurun dan akan membuat tubuh menjadi lemah dan akibatnya mudah pingsan. Sebelum upacara pastikan Anda sudah terhidrasi dengan baik.

3. Belum sarapan
Makanan memegang peranan penting sebagai sumber energi manusia. Ketika Anda memaksakan diri untuk upacara di saat kondisi tubuh tidak mendapatkan asupan energi, akan sangat mudah membuat Anda drop di lapangan upacara.

4. Masalah jantung
Ketika seseorang jatuh pingsan saat upacara, kemungkinan yang ada bisa saja karena ia memiliki gangguan irama jantung. Upacara membutuhkan tenaga kuat untuk mampu berdiri lama, sedangkan pasien dengan masalah ini tidak disarankan melakukan aktivitas fisik berat. Sebaiknya, jika korban memiliki riwayat, segera hubungi tenaga medis.

Detikcom

Komentar Anda

%d bloggers like this: