Inilah Kandungan Gizi Menu Ikan Kreasi Para Juara Lomba Masak Ikan Nusantara

Menu kreasi juara masak ikan nusantara
Menu kreasi juara masak ikan nusantara

Indonesia memiliki beragam kekayaan sumber pangan, salah satunya ikan sebagai sumber protein. Meski bergelar negara maritim, tetapi tingkat konsumsi ikan di masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Untuk itu, dalam rangka menyambut perayaan 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kantor Staf Presiden bersama Femina Group menggelar Lomba Masak Ikan Nusantara di  bulan Agustus 2017. Kegiatan ini sekaligus untuk mengajak masyarakat kembali mengonsumsi ikan yang membuat tubuh sehat, kuat, dan cerdas. Hadiahnya sangat istimewa, yakni berupa kesempatan untuk memasak ikan dan menyajikan langsung kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Saat ini, tiga orang pemenang dan ketujuh finalis berkesempatan merasakan pengalaman memasak menu kreasi ikan yang telah terpilih di Halaman Istana Negara, Jakarta pada Selasa siang (15/8).

Kesepuluh menu kreasi ikan nusantara tersebut dimasak secara langsung untuk disajikan dan dicicipi oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi; Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki; Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek; Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Bothok Ikan Masak Putih

Menu kreasi Abdul Kadir asal Pontianak yang menjadi pemenang pertama dalam ajang ini menggunakan fillet ikan patin sebagai sebagai bahan utamanya, ditambah daun mengkudu yang membuat sajiannya menjadi lebih istimewa. Selain itu, bahan pelengkap berupa ketan putih kukus, cumi dan udang menjadikan masakan ini begitu kaya zat gizi. Adapun kandungan gizi pada masakan tersebut, antara lain: Energi 1.020 Kkal; Protein 54,1 gram; Lemak 60,5 gram; dan Karbohidrat 92,6 gram (untuk 2 porsi penyajian).

Nasi Kemangi Gabus Pucung Sambal Petai

Menu kreasi Ruben Jeremia asal Jakarta yang menjadi runner-up ini berbahan utama ikan gabus, telur puyuh, petai, salam, sereh, dan kemangi, serta bahan rempah lainnya. Dari bahan uatamanya saja sudah dapat dibayangkan bahwa masakan ini begitu menggugah selera tidak hanya melalui penampilan dan rasanya, namun juga aromanya. Zat gizi menu kreasi ini mengandung Energi 2.457,1 Kkal; Protein 231,7 gram; Lemak 78,1 gram; dan Karbohidrat 225 gram (untuk 10 porsi sajian).

Ikan Santan Goroho

Menu kreasi Narti Buo asal Gorontalo yang menjadi pemenang ketiga ini berbahan dasar Ikan Goropa, Pisang Goroho dan Santan. Pilihan sumber protein dan karbohidrat dalam masakan ini menunjukkan keragaman kekayaan sumber pangan di Indonesia. Zat gizi yang terkandung dalam menu kreasi tersebut: Energi 774,8 Kkal; 95,6 gram; Lemak 17,6 gram; dan Karbohidrat 62,8 gram (untuk 5 porsi sajian).

Iloni Burger

Menu kreasi Anita Attu asal Gorontalo ini berbahan dasar ikan tenggiri, singkong kukus, dan santan serta bumbu-bumbu lain yang memiliki kandungan gizi sebesar 3.525,6 Kkal Energi; 160,1 gram Protein; 256,4 gram Lemak; dan 180 gram Karbohidrat (untuk 5 porsi).

Es Dawet Patin

Menu kreasi finalis bernama Endang asal Batam ini mirip dengan minuman segar cendol, namun menggunakan ikan patin, tepung beras juga tepung kanji sebagai bahan utamanya. Siapa sangka, ikan juga bisa dikreasikan menjadi minuman yang menyegarkan dan kaya gizi, terdiri dari 1.359,6 Kkal Energi; 35,2 gram Protein; 15 gram Lemak; dan 264,5 gram Karbohidrat dalam setiap kali sajian (untuk 5 porsi).

Kerang Tumis Labu Kuning

Menu kreasi Matelda F. Maryen asal Biak Numfor, Papua, ini berbahan dasar Kerang Bia Garu, Labu Kuning, dan Kentang. Kreasi masakan ini mengandung zat gizi, sebagai berikut: 522,1 Kkal Energi; 28,8 Protein; 15,6 gram Lemak; dan 71,5 gram Karbohidrat untuk setiap porsinya.

Woku Ikan Gabus Bambu Kuning

Menu kreasi Non Lohibu asal Gorontalo ini berbahan dasar ikan gabus, telur dan santan yang dicampurkan dengan beragam bumbu dan rempah alami dan kemudian dimasak menggunakan bambu kuning. Sajian ini mengandung zat gizi sebagai berikut: 648,1 Kkal Energi; 70 gram Protein; 28 gram Karbohidrat; dan 35,5 gram Lemak (untuk 2 porsi).

Lontong Singkong Tongkol

Bahan dasar dari menu kreasi finalis bernama Sri Ekowati asal Batam ini adalah ikan tongkol, singkong parut, dan tempe. Masakan ini mengandung zat gizi sebesar 789,8 Kkal Energi; 49,9 gram Protein; 6,6 gram Lemak; dan 136,1 gram Karbohidrat (sajian lebih kurang untuk 2 porsi).

Lawar Cumi

Berbahan utama cumi-cumi segar atau sotong, menu kreasi Sri Sudaryani asal Batam ini memiliki kandungan zat gizi yang tinggi, yakni sebesar1072.5 Kkal Energi; 130,2 gram Protein; 38,3 gram Lemak; dan 51,9 gram Karbohidrat.

Ikan Saos Kribang Daun Kesum Tabur Serundeng

Menu kreasi Syamsudin asal Pontianak yang berbahan dasar ikan gabus fillet dan buah kribang ini mengandung zat gizi sebesar 967,2 Kkal Energi; 136,8 gram Protein; 16,1 gram Lemak; dan 63,8 gram Karbohidrat.

Sehat Negeriku

Komentar Anda

%d bloggers like this: