Daerah Ini Masuk Zona Merah Malaria Tertinggi

nyamuk anopheles penyebab penyakit malaria
Nyamuk anopheles

Daerah timur wilayah Indonesia masih masuk zona merah dalam kategori daerah endemis tinggi malaria. Salah satunya adalah Maluku Utara (Malut) yang menyumbang pengidap malaria tertinggi setelah Maluku.

Bahaya penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles itu, sudah sejak lama dilakukan penangan dan pencegahan, tetapi belum ada tanda-tanda bisa memenanginya atau memberantasnya.

Hingga kini, nyamuk masih menjadi spesies yang menimbulkan kematian tertinggi bagi manusia di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Prof. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, saat menghadiri acara Jambore Malaria Nasional ke-10 serta Jambore Fasilitator PLA Malaria ke-3 di Ternate yang dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan, Kamis (27/4) seperti dilansir Malut Post (Jawa Pos Group).

Di hadapan Wakil Gubernur Malut M Natsir dan delapan bupati dan dua wali kota yang turut hadir dalam acara puncak kemarin, Nila mengungkapkan, beberapa wilayah di Indonesia bahkan telah dikategorikan sebagai daerah zona merah penderita malaria, seperti Papua, Papua Barat Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Malut.

“Malut sendiri saja penyumbang tertinggi pengidap kasus malaria itu,” ujarnya.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu juga mengatakan salah satu alasan Malut ditunjuk sebagai tuan rumah Jambore Nasional ke-10 yang bertempat di Kota Ternate ini lantaran Malut termasuk dalam penyumbang kasus malaria tertinggi di Indonesia timur.

“Semoga dengan kegiatan yang dilaksanakan di Ternate ini, dapat membawa angin segar bagi masyarakat Malut dalam mencegah penyakit mematikan itu,”terang Menteri kelahiran 11 april 1949 itu.

Dia optimis Malut bisa mengusir nyamuk pembawa penyakit mematikan tersebut. “Usir penjajah saja masyarakat Malut bisa, kenapa nyamuk nggak bisa. Saya berharap 2020 Malut bebas dari Malaria,” tambahnya sembari mengapresiasi Kota Ternate sebagai salah satu kota dengan sangat gencar melakukan pencegahan malaria¬†dengan menanam pohon pengusir nyamuk di setiap kelurahan.

JPNN

Komentar Anda

%d bloggers like this: